(image source) |
Apa itu Franchising / Waralaba?
Waralaba dalam dunia bisnis terkenal dengan istilah
“franchise”, yaitu pemberian sebuah lisensi usaha oleh suatu
pihak (perorangan atau perusahaan) kepada pihak lain
sebagai penerima waralaba. Dengan kata lain, waralaba
adalah pengaturan bisnis dengan sistem pemberian hak
pemakaian nama dagang oleh pewaralaba kepada pihak
terwaralaba untuk menjual produk atau jasa sesuai dengan
standardisasi kesepakatan untuk membuka usaha dengan
menggunakan merk dagang/nama dagangnya. (Odop Nistains, 2006)
Bentuk investasi dalam usaha franchising
- Menanamkan modal usaha kepada pemilik franchise
- Membuka usaha baru melalui franchise
Resiko dalam usaha franchising
Usaha franchising melibatkan banyak resiko yang harus diketahui oleh para wirausahawan sebelum mereka mempertimbangkan investasi. Usaha franchising membutuhkan kerja keras dan tidak cocok untuk orang pasif. Usaha ini membutuhkan kerja karena keputusan usaha seperti penarikan tenaga kerja, penjadwalan, pembelian dan akutansi tetap menjadi tanggung jawab pemakai franchise.
Langkah-langkah yang bisa diambil untuk menurunkan atau meminimasi resiko investasi dalam franchising :
- Melakukan evaluasi diri. Wirausahawan hendaknya melakukan evaluasi sendiri untuk meyakinkan bahwa memasuki usaha franchising adalah tepat bagi dirinya.
- Meneliti Franchise. Tidak tiap usaha franchise tepat untuk anda. Wirausahawan harus mengevaluasi usaha franchise untuk memutuskan mana yang paling tepat.
- Usaha franchise yang mapan dan belum mapan
- Stabilitas finansial dari usaha franchise
- Pasar potensial bagi usaha franchise
- Keuntungan potensial bagi franchise baru
Daftar Pustaka
- Nistains, Odop, Berbisnis Waralaba Murah. Yogyakarta : Media Pressindo, 2006, h. 16-17
- http://jhoeco.blogspot.co.id/2012/04/mengenal-bisnis-franchisingwaralaba.html ; 5-4-2017 ; 9:19 WIB
No comments:
Post a Comment